Demi meningkatkan pelayanan
navigasi penerbangan di Indonesia, pemerintah mendirikan sebuah perusahaan yg
memang khusus hanya untuk memberikan pelayanan navigasi penerbangan bernama
Perum LPPNPI (Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan). Berhubung
namanya agak susah dilafalkan sesusah nama kiper Arsenal Wojciech Szczesny,
maka dibuatlah nama yg lebih mudah diingat “AirNav Indonesia” beserta logo nya
yg juga keren banget.
Sebelum berdirinya AirNav
Indonesia, pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia di diselenggarakan oleh
beberapa instansi seperti Angkasa Pura I dan II, Direktorat Jenderal
Perhubungan Udara (DJU) melalui UPT (Unit Pelayanan Teknis) nya, Otorita
seperti di Batam, atau Pemerintah Daerah maupun Swasta. Nah setelah AirNav
berdiri, maka secara bertahap Pelayanan Navigasi Penerbangan di Indonesia akan
diambil alih oleh AirNav Indonesia.
AirNav Indonesia hanya akan fokus
pada Pelayanan Navigasi Penerbangan, sehingga Provider2 lain yg sebelumnya
melaksanakan Pelayanan Navigasi Penerbangan pun akan fokus pada Pelayanan Jasa
Kebandarudaraan saja, dengan begitu diharapkan akan terjadi peningkatan
kualitas terutama dari segi fasilitas dan SDM sehingga memacu meningkatnya
pelayanan di masing2 bidang. Lalu siapa pelaku utama AirNav Indonesia? Adalah
Air Traffic Controller yg menjadi “starring”nya dibantu oleh rekan2 dari Unit
lain seperti AIS (Aeronautical Information Services), Komunikasi Penerbangan,
Teknisi Navigasi dan Listrik berkolaborasi menjadi suatu sistem yg saling
mendukung dalam memberikan Penyelenggaraan Pelayanan Navigasi Penerbangan.
Ini adalah sekelumit tentang
AirNav Indonesia yg ane adopt dari situs resminya...
Dasar pendirian :
- UU No. 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan
- PP No. 77/2012 tanggal 13 September 2012 Tentang Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI)
Peraturan pelaksana lainnya :
- Kepmen BUMN No: SK-15/MBU/2013 Tanggal 16 Januari 2013 Tentang Anggota-anggota Direksi Perum LPPNPI
- Surat Dirjen Perhubungan Udara No: AU.313/I/I/DJPU.DNP.2013, tgl 25 Januari 2013 Tentang Pengalihan Tarif, Aset dan SDM Navigasi Penerbangan
Visi :
- Menjadi partner terpercaya
Misi :
- Menyediakan layanan lalu lintas penerbangan yang aman, nyaman dan ramah lingkungan
- Memenuhi ekspektasi pemilik modal dan regulator
- Meningkatkan mutu, kinerja dan karier personil
Selamat datang AirNav Indonesia, selamat datang era baru penerbangan
Indonesia, semoga sukses memberikan yg terbaik untuk Indonesia dan dunia.
No comments:
Post a Comment