Kata2 yg sangat2 membuat bulu
kuduk ane merinding. Sudah banyak kejadian pesawat mengalami kecelakaan baik
itu yg tidak menimbulkan korban jiwa ataupun (ma’af kata) menimbulkan korban
jiwa. Beberapa kasus kejadian kecelakaan pesawat yg melibatkan banyak korban
jiwa yg bahkan tidak satupun korban diketahui keberadaannya lantaran pesawat
tidak diketemukan.
Dan yg namanya kecelakaan
pesawat, beritanya pasti jadi headline atau berita utama. Kalaupun di koran,
pasti terpampang di halaman pertama dengan tulisan yg besar dan gambar yg
besar. Namun ada juga beberapa kali ane melihat berita di televisi atawa di
koran mengenai kecelakaan pesawat, ternyata didapatkan dari sumber yg salah
sehingga berita yg ada menjadi salah.
Sebagai contoh, ada beberapa
kasus yg memberitakan bahwa pesawat jatuh, padahal kejadian sebenarnya itu
pesawat gak jatuh, tapi melakukan emergency landing. Kalo pesawat jatuh itu
artinya pesawat tidak bisa dikendalikan, sehingga jatuh (crash). Lha kalo
emergency landing, bisa terjadi semisal mesin pesawat mati, namun pesawat masih
bisa dikendalikan sehingga pilot memutuskan untuk melakukan emergency landing
dengan tujuan menghindari resiko celaka pada awak pesawat dan juga kerusakan
pada pesawat. Masa’ si Pilot udah mati2an mendaratkan pesawat demi menghindari
korban jiwa, eh dibilang tuh pesawat jatuh. Perasaan si Pilot pasti hancur
berkeping-keping. Usahanya dipandang sebelah mata.
Nah, beberapa kasus juga banyak
yg membahas penyebab terjadinya kecelakaan pesawat. Ada yg bilang ATCnya yg
salah, ada yg bilang pilotnya yg salah, ada yg bilang ATC sama Pilot gak salah,
yg salah yg di Penjara, macem2 asumsi orang yg bahkan bisa mengarahkan opini
publik dalam menilai kasus kecelakaan. Yg berhak memberikan penjelasan mengenai
kasus kecelakaan pesawat adalah KNKT (Komite Nasional Keselamatan
Transportasi), bukan petugas di lapangan, bukan tim penyelamat, bukan tukang
gorengan yg kebetulan lewat, bukan juga pengamat penerbangan. Ane tegesin lagi,
yg berhak memberikan klarifikasi mengenai kecelakaan pesawat adalah KNKT dalam
hal ini adalah Ketua KNKT atau diwakili oleh juru bicaranya.
Kenapa KNKT...??? Karena KNKT lah
yg turun langsung ke lokasi melakukan investigasi mencari tahu penyebab
terjadinya kecelakaan pesawat tersebut. Dan perlu sodara2 ketahui, tujuan
investigasi KNKT terhadap sebuah kejadian kecelakaan pesawat adalah bukan untuk
mencari siapa yg salah, melainkan untuk mengetahui kenapa kecelakaan ini bisa
terjadi. Dengan begitu dapat diketahui apa yg salah dalam kejadian ini sehingga
bisa dilakukan perbaikan (sistem, prosedur, peralatan, SDM, dll) sehingga
kejadian seperti ini tidak akan terulang kembali.
Dan perlu diketahui juga, orang2
yg berada dalam KNKT itu bukanlah orang2 sembarangan, mereka terdiri dari
berbagai unsur dan memiliki pengetahuan yg tinggi mengenai keselamatan
penerbangan. Istilah kata, mereka ini orang sekolahan dan bersertifikat yg
melakukan investigasi sesuai dengan aturan yg ada. Bukan orang yg hanya
mengamati dari luar trus ngomong seenaknya dan membuat opini yg tak berdasar.
Nah, ane berharap, setelah
sodara2 membaca artikel ini, wawasan menjadi sedikit bertambah, sehingga
apabila ada pemberitaan mengenai kecelakaan pesawat udara tidak serta merta
langsung teropinikan oleh pemberitaan tersebut. Cari tahu dulu sumber beritanya
dari mana. Kalo bukan dari KNKT ya mending gak usah terlalu dipercaya.
Semoga bermanfaat...
Nice Features mas !!!
ReplyDeleteterima kasih...
ReplyDelete