Apakah itu? Seperti biasa,
alexander soewondo akan membahas tidak menggunakan bahasa teknis maupun
definisi, melainkan bahasa sehari-hari untuk memudahkan temen2 yg awam dunia
penerbangan menjadi paham. Visibility belom minima adalah jarak pandang dibawah
standard, bahasa gampangnya. Emang standardnya berapa? Nanti kita bahas satu
per satu secara aktual, tajam, dan terpercaya.
Beberpapa waktu yg lalu kejadian
seperti ini pernah ane alami, pesawat yg ane tumpangi dari Jakarta ke Tanjungpinang
terpaksa ditunda keberangkatannya. Gara2 kabut asap menyelimuti Tanjungpinang
yg membuat jarak pandang kurang dari seribu meter. Apalagi jadual keberangkatan
pesawat dari Jakarta yg ane tumpangi itu menjelang maghrib sehingga sampai di
Tanjungpinang malam hari. Menambah khawatir kru sehingga akhirnya diputuskan
untuk menunda penerbangan hingga besok pagi.
Wah, kasus berat. Karena ini
adalah kejadian alam dan menurut UU No. 1 tahun 2011 Tentang Penerbangan bukan
merupakan kesalahan dari Maskapai Penerbangan, maka biaya nginep di Hotel
menjadi tanggungan masing2 penumpang. Untung bawa duit, untung juga ane bawa
baju ganti, untung juga ada kawan jadi nginep di Hotelnya bisa patungan, untung
masih belum terlalu malem jadi masih bisa cari makanan, pokoknya masih untung
lah.
Sebenarnya gimana sih aturan “tentang visibility below minima” itu?
Koq sampe pilotnya gak mau terbang gara2 kabut asap? Gini Bos, visibility below
minima itu diatur oleh pemerintah melalui CASR (Civil Aviation Safety
Regulation) atau yg kalo dibahasa Indonesiakan adalah PKPS (Peraturan
Keselamatan Penerbangan Sipil). Menurut CASR part 91, apabila tidak ada
penetapan visibility minimum dari Otorita Bandara, maka pesawat IFR (Instrument
Flight Rules) mengikuti aturan CASR, sebagai berikut :
Untuk pesawat selain helicopter
yg memiliki engine 2(dua) buah atau kurang, maka visibility minimum nya adalah
1,6 km alias 1600 m.
Lha kalo pesawat yg punya lebih
dari 2 engine, visibility minimum nya adalah 0,8 km alias 800 meter
Dan untuk helicopter, visibility
minimumnya 800 meter.
Jadi kalo kasus yg ane alami beberapa waktu yg lalu itu, visibility di
Bandara RHF Tanjungpinang dibawah seribu meter ya wajar kalo Pilotnya gak mau
berangkat. Pilot harus taat aturan, karena tanggung jawab penerbangan
sepenuhnya ada di Pilot. Kalo Pilot
berani melanggar, artinya dia bakal kena sanksi, sanksinya ya macem2 dari
sekedar license nya dicabut sementara sampai bisa dicabut permanen, lha itu
artinya kan mas pilot gak kerja, kalo gak kerja artinya gak dapet duit, kalo
gak dapet duit kan anak istri terlantar gak makan. Jadi kalo ada kejadian
seperti ini menimpa ente2 pada, jangan langsung emosi trus nyalahin pilot yg
gak mau terbang, doi gak mau terbang ada alasannya Cuy, gak sembarangan, ini
demi keselamatan kita semua para penumpang plus kru pesawat. Kalo mau nyalahin,
salahin tuh si tukang sate (uuupppsss... sori bukan tukang sate), salahin yg
ngebakar lahan di Sumatera dan Kalimantan, mau buka kebon aja koq nyusahin
orang banyak.
Dari kejadian tersebut, ane justru dapet pelajaran berharga, salah
satunya dalam urusan barang bawaan kalo kita berangkat pake pesawat. Ane selalu
masukin pakaian satu stel ke tas (kebetulan yg ane bawa adalah tas laptop) yg
ane bawa masuk ke kabin. Dan ternyata disaat tertentu ada gunanya juga. Ane gak
harus ngurus bagasi buat ambil baju ganti. Selain itu, ya kita mesti bawa duit
lebih untuk kondisi yg tak terduga. Misalnya seperti kasus ini, ane mesti bayar
hotel, bayar taksi, beli makan, dan lain2.
Dibalik kesulitan yg Allah berikan kepada kita, ternyata Allah
memberikan banyak pelajaran untuk kita agar kita semakin kuat dalam menghadapi
hidup, semakin tenang dalam situasi sulit, dan semakin dewasa dalam bertindak.
Semoga bermanfaat...
No comments:
Post a Comment