Kalo naik pesawat komersil, pasti
sebelum pesawat lepas landas, mbak2 pramugari atau mas2 pramugara selalu
memperagakan demo keselamatan alias safety demo. Yg isinya ya tentang fasilitas
keselamatan yg ada di pesawat, cara menggunakannya, apa2 yg harus dilakukan
oleh penumpang apabila pesawat dalam kondisi emergency, serta bagaimana
prosedur evakuasinya.
Demo dilaksanakan dalam dua
bahasa, Indonesia dan Inggris. Walaupun sebenarnya, sebagai seorang ATC ane
lebih mudeng bahasa Inggris nya Pilot daripada Pramugari. Pramugari kalo
ngomong Inggris kagak jelas karena diucapkan dengan tempo yg cepat. Mungkin
karena waktu untuk demo keselamatan yg terbatas, dan masih banyak tugas lain yg
harus dilaksanakan para awak kabin sebelum pesawat lepas landas.
Di beberapa maskapai penerbangan,
safety demo dilaksanakan langsung oleh awak kabin. Mereka dibagi dalam beberapa
tim yg bertugas sebagai peraga dan seorang bertugas menjelaskan dalam bahasa
Indonesia dan Inggris. Namun untuk beberapa maskapai penerbangan yg sudah
menggunakan pesawat yg lebih baru, safety demo diperagakan melalui layar
monitor yg tersedia di depan kursi penumpang. Safety demo yg seperti ini
sangatlah meringankan tugas dari awak kabin dan juga lebih menarik, lebih
kreatif, dan lebih jelas.
Yuk kita kaji satu per satu apa2
yg disampaikan dan diperagakan oleh awak kabin dalam safety demo yg dilakukan
sebelum pesawat lepas landas. Oh iya, sebelum kita kaji satu per satu, ada
baiknya kita baca yg satu ini (apa2 yg diucapkan oleh awak kabin pada saat
safety demo) :
Sesuai dengan peraturan penerbangan sipil, kami akan menunjukkan cara
menggunakan alat2 keselamatan penerbangan beserta prosedurnya. Pesawat ini
memiliki empat pintu darurat, dua di sebelah kanan dan dua di sebelah kiri. Pesawat
ini juga dilengkapi dengan empat jendela darurat, masing2 dua disetiap sisi. Dalam
keadaan darurat, lampu di lantai akan menyala untuk menuntun anda menuju pintu
keluar.
Kami akan memperagakan cara menggunakan sabuk pengaman, bagaimana
menguncinya, mengeratkannya kemudian melepaskannya. Baju pelampung terdapat di
bawah kursi dan hanya dipakai pada pendaratan di air. Kalungkan melalui kepala
kemudian kancingkan dan eratkan. Tarik sekerasnya kedua tuas merah untuk
menggembungkan sesaat sebelum anda keluar dari pesawat. Jika anda keluar
melalui jendela darurat, kembungkan sesaat setelah anada berada di atas sayap. Baju
pelampung dapat juga dikembungkan degan meniup kedua pipa karet, lampu akan
menyala jika sumbat batre dilepas dan batre terendam dalam air.
Apabila tekanan udara di kabin berkurang secara tiba2, masker oksigen
akan keluar secara otomatis dari tempatnya sehingga terjangkau. Tetaplah duduk
dan kenakan sabuk pengaman, tarik masker kearah anda untuk mengalirkan oksigen,
pasang masker menutupi mulut dan hidung, kaitkan karetnya dan bernafaslah
seperti biasa. Pakailah masker anda terebih dahulu sebelum menolong yg lainnya.
Selanjutnya di setiap kantung kursi tersedia kartu instruksi mengenai
cara2 penyelamatan diri dalam keadaan darurat, kami persilahkan anda membacanya
dengan seksama.
Mari kita kaji kutipan ucapan
dari awak kabin diatas :
“Sesuai dengan peraturan keselamatan penerbangan sipil”
Artinya apa2 yg diutarakan oleh awak kabin itu bukan sembarangan, ini
ada dasar hukumnya dan merupakan kewajiban dari maskapai penerbangan terhadap
penumpang.
“Pintu dan Jendela Darurat”
Jalur evakuasi apabila terjadi keadaan darurat. Awak kabin menjelaskan
bagaimana cara evakuasi terbaik apabila terjadi keadaan darurat.
“Sabuk Pengaman”
Sebenarnya salah, harusnya “sabuk keselamatan”. Kan gunanya untuk
keselamatan, bukan untuk keamanan.
“Baju Pelampung”
Digunakan khusus untuk pendaratan di air. Walaupun bisa berenang,
tetep aja wajib pake untuk menghindari hal2 yg tidak2. Awak kabin menjelaskan
cara penggunaannya dan juga prosedurnya. Ingat, baju pelampung adalah alat
keselamatan, gak boleh dibawa pulang.
“Masker Oksigen”
Sebelum menolong orang lain, tolonglah diri sendiri. Jika tekanan
udara dalam kabin berkurang, resiko yg dihadapi adalah hilangnya kesadaran. Makannya
ditegaskan disitu, agar kita kenakan masker oksigen kita dahulu sebelum
menolong orang lain.
Safety demo sepertinya sepele. Terkadang penumpang tidak begitu
memperhatikan safety demo tersebut, padahal apabila terjadi kondisi yg tidak
diinginkan, apa2 yg diterangkan oleh awak kabin dalam safety demo tersebut
sangatlah membantu proses penyelamatan penumpang di pesawat.
Semoga setelah membaca artikel ini, temen2 bisa lebih serius lagi
memperhatikan dan menyimak demo keselamatan alias safety demo di pesawat.
No comments:
Post a Comment