Ngelanjutin tulisan sebelumnya, “Transponder”, kali ini ane bakal
ngebahas dikit tiga fungsi transponder yg sangat2 penting untuk kondisi
abnormal. Kondisi abnormal dalam hal ini adalah emergency, communication failure, dan hijacking.
Nah, dalam hal2 tertentu terutama
dalam kondisi abnormal, pilot akan menset sqwack number pada kombinasi angka yg
sudah ditetapkan sehingga secara langsung dapat dipahami oleh ATC di Radar
bahwa pesawat mengalami kondisi abnormal dan ATC bisa langsung bertindak sesuai
dengan aturan yg berlaku.
Seperti yg udah ane bahas di
tulisan sebelumnya, ada tiga alokasi sqwack
number yg digunakan untuk kondisi abnormal, yaitu A7500, A7600, dan A7700.
Yuk kita bahas satu per satu.
Yg pertama adalah A7500
Digunakan apabila pesawat mengalami hijacking alias pembajakan. Dengan A7500 yg tampil di display
radar, ATC yg bertugas akan langsung memahami bahwa pesawat mengalami
hijacking, dan langsung bertindak sesuai dengan Standard Operation Procedure (SOP) yg ada.
Trus A7600
Artinya terjadi communication
failure yaitu peralatan komunikasi di pesawat mengalami kerusakan. Ada
kemungkinan alat komunikasi di pesawat tidak bisa menerima pesan dari ATC namun
bisa mengirim pesan ke ATC, bisa juga bisa menerima pesan dari ATC namun tidak
bisa mengirim pesan ke ATC, atau bahkan tidak bisa mengirim dan menerima pesan
sama sekali. Setelah pilot menset A7600, ATC tau apa yg harus dilakukan.
Tentunya sesuai dengan SOP, sehingga keselamatan penerbangan bisa terjaga.
Lha kalo A7700
Artinya emergency. Dalam hal
ini komunikasi antara pilot dan ATC harus tetap terjaga, sehingga ATC tau
kondisi yg dialamai pesawat, dan tau harus bagaimana menanganinya.
Aturan ini internasional, dan diadopsi oleh seluruh negara anggota
ICAO (International Civil Aviation
Organization). Jadi kemanapun pesawat terbang, selama itu masih di negara
anggota ICAO, aturan ini yg digunakan.
Masih banyak kode2 sqwack number yg digunakan, namun cukup tiga ini
aja yg kita bahas kali ini. Semoga dapat sedikit menambah wawasan kita di dunia
penerbangan.
No comments:
Post a Comment