Thursday, March 6, 2014

ATIS

ATIS yg ini bukan nama orang sodara2, ATIS adalah singkatan dari “Automatic Terminal Information Service”. ATIS merupakan fasilitas pelayanan yg diberikan oleh Unit ATS dalam hal ini Tower yg bertujuan memberikan informasi secara terus menerus berisi tentang keadaan cuaca, runway in use, dan informasi2 penting lainnya yg dibutuhkan oleh Pilot.

Gimana sih ATIS bekerja? Sederhana aja, ATIS memancarkan segala informasi itu melalui frekuensi radio tertentu yg sudah ditetapkan dan diterima oleh Pilot di pesawat berupa rekaman suara operator. ATIS memancar terus dan diperbaharui setiap 30 menit sekali atau bisa kurang dari 30 menit apabila ada perubahan informasi yg dinilai sangat signifikan.

ATIS mempermudah kerja Mr Controller. Setiap Pilot yg akan datang ke suatu Bandara, melalui ATIS sudah mendapatkan informasi2 seperti yg ane sebutin diatas. Artinya Mr Controller tidak perlu memberikan informasi2 tersebut kepada Pilot, kecuali ada perubahan signifikan yg belum sempat terpublikasi melalui ATIS. Dengan kata lain, pekerjaan Mr Controller menjadi lebih ringan, lebih mudah dan lebih efisien. Hidup ATIS...!!!

Setiap informasi yg dipublikasikan oleh ATIS, dibedakan dengan judul yg berupa kode huruf penerbangan seperti Alpha, Bravo, Charlie dan seterusnya. Jadi semisal informasi Alpha itu untuk jam 00.00 UTC, Bravo untuk 01.00 UTC dan seterusnya. Dan Pilot sebelum contact ke Tower sudah mendapatkan informasi dari ATIS sehingga pada saat contact ke Tower juga menginformasikan kepada Mr Controller kalo Pilot sudah mendapat informasi dari ATIS.

Kalo jaman dulu mesin ATIS hanyalah berupa alat semacam recorder suara, dan petugas harus rekaman setiap 30 menit sekali, kalo sekarang tinggal masukin data ke komputer, langsung deh keluar suara. Udah gitu suaranya bisa diset, mau suara cowok cool apa suara cewek yg seger di dengar. Terserah si operator aja, yg penting informasi yg dipublikasikan adalah informasi yg benar dan terbaru karena menyangkut keselamatan penerbangan.

Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

Pendaratan Pertama di Pulau Bintan

Mencoba mengenang kembali kisah dua puluh tahun yang lalu, saat dimana ane dan seorang teman berangkat meninggalkan Jakarta menuju ke Pulau ...