Friday, December 26, 2014

Tsunami Aceh

10 tahun yg lalu, beberapa saat setelah Tsunami yg melanda Aceh, ane dapet tugas ke Aceh. Sebenarnya ini bukan tugas yg pertama, sebelum Tsunami tepatnya pada tahun 2001 dan 2002 ane sempet juga ditugaskan ke Aceh selama 3 bulan. Tp tugas kali ini beda, lantaran kondisi Aceh yg masih hancur lebur akibat gempa dan Tsunami.

Inget2 lupa, tp ane akan berusaha ceritain dari awal keberangkatan ane ke Aceh pasca Tsunami. Begini ceritanya...

Begitu dapet berita Tsunami di Aceh, gak lama kemudian Bos panggil ane, dia suruh ane berangkat ke Aceh, untuk bertugas disana. Saat itu Aceh (Bandara SIM) memang sudah punya ATC, namun kurang lantaran pesawat yg membawa bantuan bencana datang silih berganti. Dan gak cuma ane yg berangkat kesana, tapi ATC dari seluruh Indonesia, bahkan begitu sampai disana, ada juga yg dari Australia.

Begitu ane menyatakan kesiapan untuk berangkat, dengan pertimbangan bahwa ane udah pengalaman ke Aceh, Bos ane suruh ane langsung ke Aceh, gak usah ikut ngumpul di Kantor Pusat buat pembekalan. Ya udah, akhirnya ane berangkat sendiri via Batam dan Medan. Berhubung semua serba mendadak, ane berangkat go show aja, belli tiket di Bandara aja. Ntar kalo gak dapet tiket, ya ane tungjukin aja surat tugas ane.

Alhamdulillah, walaupun last minute, tapi dapet tiket juga dan sampailah ane di Aceh menjelang sore. Sampe di Aceh langsung ketemu sama temen2 sesama ATC dari seluruh Indonesia. Ada yg udah kenal, namun ada juga yg blm kenal, ya trus kenalan deh. Ternyata gak cuma ATC aja, ada Aviation Security, AMC, dan juga Teknik Umum. Eh, petugas Briefing Office juga ada.

Berhubung keadaan darurat, kami tinggal di Kantor, pake kasur2 dan tikar seadanya. Yg penting bisa naruh tas sama istirahat. Serba darurat, Towernya retak, jd sementara pake Tower Portable, berupa kotak semacam Peti Kemas yg udah dimodifikasi dan dilengkapi hidrolik untuk mengangkatnya. Goyang2 dikit, tapi lumayan lah daripada gak ada sama sekali. Cerita punya cerita, rupanya Tower itu bantuan dari militer Singapore. Hebat ya, negara sekecil itu bisa dikatakan sangat siap dalam menghadapi bencana.

Pada saat itu, lalu lintas penerbangan di Bandara SIM Aceh lumayan banyak. Sehari bisa mencapai 300 pergerakan. Sebagian besar adalah pesawat2 yg membawa bantuan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Lumayan berat kerja disana, lantaran pemanduan lalu lintas udara di ruang udara Banda Aceh masih Non Radar. Ditambah dengan kondisi alam yg bergunung2, taxiway yg hanya satu2nya, apron yg kecil, pergerakan pesawat yg banyak menambah seru suasana kerja. Harus extra konsentrasi, mata harus jelalatan , telinga harus sensitif lantaran dialek pilot beda2. Kalo pilot2 Indonesia sih tiap hari ketemu di frekuensi, lha kalo pilot Rusia, Jepang, dan lain2 kan dialek atau logat bahasa Inggrisnya beda2.

Nah, yg unik ada neh, masalah permakanan alias kampung tengah. Namanya jg lokasi bencana, semua serba darurat. Tidur darurat, Tower darurat, MCK darurat, sampe makan pun ikut darurat. Dari sekian banyak pesawat yg hadir di Bandara SIM pada saat itu, namun cuma satu pesawat yg ane nantikan kehadirannya setiap pagi. Dalam benak ane, jangan lah delay apalagi cancel, bisa berabe kampung tengah ane. Adalah DC 10 Garuda Indonesia GIA190 dari Medan, pesawat idaman ane. Gimana gak idaman, on board pesawat itu ada nasi bungkus buat kita2 para petugas. Ibarat kata, kalo pesawat itu dah kelihatan di downwind, yg ane liat udah bukan pesawat lagi, tp nasi bungkus bersayap. (hi hi hi)

Aceh banyak memberi pelajaran dan pengalaman baru buat ane. Salah satunya masalah pengaturan slot time. Udahlah apron kecil, taxiway cuma satu, lha yg mau masuk banyak pula. Jalan terbaik ya diatur slot time nya. Caranya pun manual, pake whiteboard trus dibuat tabel, diisi time dan parking stand yg akan digunakan. Disitu bisa keliatan pesawat2 mana yg udah kelamaan di apron, kapan pesawat boleh masuk, dan lain2.

Biar operasional penerbangan lancar, setiap pagi pilot2 dikumpulin dan kita melaksanakan Briefing pagi. Tujuannya adalah untuk koordinasi dan kelancaran penerbangan. Keselamatan penerbangan bisa tercipta.

SOP juga ada, walaupun darurat, termasuk koridor untuk pergerakan Helicopter. Semua dibuat dengan seksama agar lalu lintas penerbangan lancar dan selamat. Kerjasama antar petugas dilapangan, baik yg Indonesia maupun pihak asing seperti dengan ATC Ostrali. Bahasa bukan halangan, walaupun bahasa Inggris pas2an, namun niatan untuk berbuat yg terbaik mengalahkan segalanya.

Banyak suka dan duka ane dapatkan. Pernah lagi dinas, eh ada gempa. Towernya goyang2, ane diem aja diatas. Gimana gak serem, lha wong kalo ada angin kenceng aja Towernya udah goyang2, gimana lagi gempa. Mau ditinggal, traffic rame, gak ditinggal tapi ngeri2 sedap. Bismillah aja, semoga selamat. Kalo traffic udah rame, mau pipis pun gak bisa. Pesawat contact silih berganti. Tapi selama masih ada botol aqua, berarti aman, yg penting jangan tumpah aja. (kikikikikkkkkk...)

Walaupun udah berlalu 10 tahun, namun buat ane dan mungkin temen2 sesama ATC yg pernah ke Aceh pasca Tsunami masih selalu terbayang kondisinya saat itu.

Dan barusan ane bongkar2 poto2 lama, eh ada pulak poto2 waktu itu. Ane coba scan, ya hasilnya gak maksimal, tapi lumayanlah, buat kenang2an.

Kapalnya nyangkut di atas rumah warga...
Ini Kapal Genset Apung PLN, tadinya di laut, skrg di darat...
Kalo diliat dari sampah2 yg nyangkut di atas jembatan, bisa dibayangkan tingginya air pada waktu itu...
Poto bareng senior dari Bandung...
Ini dia, baabeh kita di Aceh...

No comments:

Post a Comment

Pendaratan Pertama di Pulau Bintan

Mencoba mengenang kembali kisah dua puluh tahun yang lalu, saat dimana ane dan seorang teman berangkat meninggalkan Jakarta menuju ke Pulau ...