Friday, August 2, 2013

Menara Control di Bandara

Beberapa dari kita kerap bepergian dengan menggunakan pesawat udara. Moda transportasi yg satu ini sedang tumbuh dengan pesatnya. Arus penumpang dan barang yg menggunakan jasa trasportasi udara selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Tahukan ente2 pada, bahwa di Bandara ada sebuah bangunan tinggi yg berbentuk menara berdiri di tempat yg paling strategis. Dikelilingi pagar dan dijaga oleh sekurity dan bahkan di daerah2 tertentu dijaga oleh Tentara.

Bangunan itu adalah Menara Control, tempat dimana para Petugas Pemandu Lalu Lintas Udara bekerja demi kelancaran dan keselamatan penerbangan. Tidak banyak yg tahu, bahwa sebenarnya pesawat yg kita tumpangi itu tidaklah sendirian di atas sana, melainkan ada Petugas Pemandu Lalu Lintas Udara yg selalu setia menemani dan menjaga penerbangan kita agar efisien dan selamat sempai tujuan.

Lho...??? Memangnya apa tugas mereka? Bagaimana mereka bisa menemani kita yg berada di pesawat yg sedang mengudara, sedangkan mereka hanya berada di Menara dan tidak ikut kita terbang.

Pemandu Lalu Lintas Udara adalah salah satu petugas yg punya peran vital di dunia penerbangan. Kalo selama ini banyak dari kita hanya mengetahui tentang Pilot, Pramugari dan Teknisi Pesawat atau Petugas Tiketing, ane jelasin sebenarnya ada lagi yg punya pengaruh besar dalam penerbangan, dialah Petugas Pemandu Lalu Lintas Udara atau biasa kita sebut ATC. (Tentang "ATC (1)").

Di Menara Control, ATC berperan dalam memberikan ijin kepada pesawat dari mulai push back, start engine, taxi, sampai dengan take off. Selain itu ATC juga memberikan segala informasi yg dibutuhkan pesawat, misalnya informasi cuaca, kejadian di bandara keberangkatan maupun bandara tujuan, dan lain2. Tidak hanya itu, ATC juga mengatur pergerakan pesawat baik di darat maupun di udara agak tidak mengalami tabrakan baik itu dengan sesama pesawat maupun benda2 lain yg bisa membahayakan keselamatan penerbangan.

Tidak hanya itu, ATC juga memberikan pelayanan SAR atau Search and Rescue. ATC memberikan pelayanan terbaik terhadap pesawat agar sampai di tujuan dengan selamat. Itulah sekelumit gambaran yg bisa ane berikan agar bisa sedikit menambah wawasan kita di dunia penerbangan. Semoga bermanfaat.

1 comment:

Pendaratan Pertama di Pulau Bintan

Mencoba mengenang kembali kisah dua puluh tahun yang lalu, saat dimana ane dan seorang teman berangkat meninggalkan Jakarta menuju ke Pulau ...