Friday, August 2, 2013

Tips Bepergian dgn Pesawat Udara

Sebagai seorang yg lumayan sering bepergian dengan pesawat udara, ane punya tips yg sedikit bisa membantu ente2 pada penggemar ane. Tips yg sebenarnya sepele namun berguna sekali dalam keadaan tertentu.

Yg pertama kita awali dari beli tiket...
Sebelum kita membayar tiketnya, periksa dan baca baik2 tanggal dan jam keberangkatan serta tujuan penerbangan kita. Sepele, tapi banyak kejadian penumpang ketinggalan pesawat gara2 kurang peduli terhadap jam keberangkatan. Atau yg paling parah adalah salah tujuan. Lho...??? Koq bisaaaa...??? Buktinya pernah beberapa kali kejadian, penumpang tujuan Pangkalpinang eh turunnya ke Tanjungpinang. Konyol banget kan...

Check In...
Dua jam sebelum keberangkatan biasanya Check In Counter baru dibuka. Tapi intuk Bandara2 besar seperti Soekarno Hatta dari pagi pun sudah bisa Check In untuk penerbangan sore.

Seat...
Biasanya pada saat Check In, kita bisa minta tempat duduk yg kita inginkan kepada petugas, dalam hal ini kalau masih kosong. Misalnya kita ingin duduk di dekat jendela atau di dekat lorong, atau malah ingin di depan atau di belakang, bahkan bila kita ingin duduk di dekat emergency exit window dengan konsekuensi harus siap membantu kru apabila terjadi accident.

Bagasi...
Demi menjaga keamanan barang2 bawaan yg harus masuk ke bagasi, perlu diperhatikan packingnya. Jangan asal2an menghindari barang rusak ataupun hilang. Memang sih ada aturan yg  mengharuskan maskapai penerbangan mengganti barang kit yg rusak ataupun hilang, tapi kan kita jadi repot kehilangan waktu disaat mengurusnya.

Barang bawaan ke kabin...
Untuk barang2 yg harus kita bawa masuk ke kabin semisal laptop, setidaknya kita tempatkan di tempat atau tas yg tidak terlalu besar. Karena kalau terlalu besar, bakalan disuruh masuk ke bagasi oleh petugas.

Yg paling sepele...
Untuk barang bawaan yg masuk ke kabin, setidaknya kita masukkan juga pakaian minimal satu stel. Apa gunanya? Terkadang ada keadaan yg memaksa pesawat harus divert alias mendarat di Bandara Alternatif yg mengharuskan kita bermalam disana. Dengan membawa pakaian di tas yg kita bawa ke kabin, kita tidak perlu repot2 ngurus bagasi untuk mengambil pakaian.

Melawan suntuk...
Tergantung apa yg kita suka selama itu tidak menggnggu keselamatan penerbangan dan tidak mengganggu penumpang yg lain. Misalnya bawa bacaan, ipon, walkman, dan lain2.


Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

Pendaratan Pertama di Pulau Bintan

Mencoba mengenang kembali kisah dua puluh tahun yang lalu, saat dimana ane dan seorang teman berangkat meninggalkan Jakarta menuju ke Pulau ...