Sunday, October 27, 2013

Transponder (2)

Ngelanjutin tulisan sebelumnya, “Transponder”, kali ini ane bakal ngebahas dikit tiga fungsi transponder yg sangat2 penting untuk kondisi abnormal. Kondisi abnormal dalam hal ini adalah emergency, communication failure, dan hijacking.
Nah, dalam hal2 tertentu terutama dalam kondisi abnormal, pilot akan menset sqwack number pada kombinasi angka yg sudah ditetapkan sehingga secara langsung dapat dipahami oleh ATC di Radar bahwa pesawat mengalami kondisi abnormal dan ATC bisa langsung bertindak sesuai dengan aturan yg berlaku.

Seperti yg udah ane bahas di tulisan sebelumnya, ada tiga alokasi sqwack number yg digunakan untuk kondisi abnormal, yaitu A7500, A7600, dan A7700. Yuk kita bahas satu per satu.

Yg pertama adalah A7500
Digunakan apabila pesawat mengalami hijacking alias pembajakan. Dengan A7500 yg tampil di display radar, ATC yg bertugas akan langsung memahami bahwa pesawat mengalami hijacking, dan langsung bertindak sesuai dengan Standard Operation Procedure (SOP) yg ada.

Trus A7600
Artinya terjadi communication failure yaitu peralatan komunikasi di pesawat mengalami kerusakan. Ada kemungkinan alat komunikasi di pesawat tidak bisa menerima pesan dari ATC namun bisa mengirim pesan ke ATC, bisa juga bisa menerima pesan dari ATC namun tidak bisa mengirim pesan ke ATC, atau bahkan tidak bisa mengirim dan menerima pesan sama sekali. Setelah pilot menset A7600, ATC tau apa yg harus dilakukan. Tentunya sesuai dengan SOP, sehingga keselamatan penerbangan bisa terjaga.

Lha kalo A7700
Artinya emergency. Dalam hal ini komunikasi antara pilot dan ATC harus tetap terjaga, sehingga ATC tau kondisi yg dialamai pesawat, dan tau harus bagaimana menanganinya.

Aturan ini internasional, dan diadopsi oleh seluruh negara anggota ICAO (International Civil Aviation Organization). Jadi kemanapun pesawat terbang, selama itu masih di negara anggota ICAO, aturan ini yg digunakan.

Masih banyak kode2 sqwack number yg digunakan, namun cukup tiga ini aja yg kita bahas kali ini. Semoga dapat sedikit menambah wawasan kita di dunia penerbangan.

No comments:

Post a Comment

Pendaratan Pertama di Pulau Bintan

Mencoba mengenang kembali kisah dua puluh tahun yang lalu, saat dimana ane dan seorang teman berangkat meninggalkan Jakarta menuju ke Pulau ...