Wednesday, April 22, 2015

Aviation Kartini

Judul di atas sengaja ane buat demikian, sebagai penghargaan untuk Kartini2 Indonesia di dunia penerbangan. Kita ketahui semua bahwa Kartini adalah seorang wanita yg memperjuangkan hak dan harkat wanita yg pada masa itu sangatlah dianggap sebelah mata. Dan perjuangan Kartini tidaklah sia2, sekarang hak dan harkat wanita sama dengan pria.

Di dunia penerbangan, sudah banyak Kartini2 yg berkecimpung di dalamnya. Dari Pramugari, Pilot, dan bahkan ATC. Khusus untuk Pilot dan ATC, kalo jaman dulu hanya beberapa yg wanita, tapi sepuluh tahun terakhir sudah banyak kaum Kartini yg berprofesi sebagai Pilot dan ATC. Bahkan untuk Pilot ada juga koq yg udah Kapten.

Setidaknya ini menunjukkan bahwa dunia penerbangan bukan hanya milik kaum adam saja, namun kaum hawa juga sudah banyak yg berkecimpung. Untuk kemampuan, bisa dikatakan setara, lantaran untuk jadi ATC ataupun Pilot, semua harus mengikuti proses yang sama. Dari tes administrasi, akademik, kesehatan, psikologi, wawancara, dan lain2 semuanya sama.

Namun walau bagaimanapun, wanita tetap memiliki kodrat yg berbeda dengan kaum adam, yaitu hamil dan melahirkan. Dan udah ada regulasi yg mengatur semua itu, tinggal ikuti regulasi serta bekerja dengan baik memberikan yg terbaik untuk bangsa Indonesia.

Selamat Hari Kartini...

No comments:

Post a Comment

Pendaratan Pertama di Pulau Bintan

Mencoba mengenang kembali kisah dua puluh tahun yang lalu, saat dimana ane dan seorang teman berangkat meninggalkan Jakarta menuju ke Pulau ...