Saturday, December 31, 2016

Catatan Akhir Tahun 2016

Gile benerrrr... ane udah kaya’ pengamat penerbangan aja ya, segala pake nulis “catatan akhir tahun”. Eheheh... ya gpp lah, kan nulisnya di blog sendiri, bukan di surat kabar nasional. Yuk kita mulai aja ya...

Ada beberapa hal yg menjadi perhatian ane di tahun 2016. Dan yg paling jadi perhatian adalah banyaknya kasus kecelakaan pesawat di tahun 2016. Ane gak punya data resmi maupun perbandingan kuantitasnya dengan tahun2 sebelumnya. Lebih banyak ataupun lebih sedikit, yg namanya kecelakaan ya harapan ane jangan sampe terjadi.

Emang sih, banyak faktor yg mempengaruhi terjadinya kecelakaan pesawat. Dari faktor alam, faktor manusia, faktor mesin, faktor prosedur, dan macem2. Dan setiap terjadi kecelakaan, setiap kali itu juga penyebab kecelakaan diteliti, dipelajari, dan dibuatkan kesimpulan, mengapa kecelakaan tersebut bisa terjadi. Lalu dicarikan solusinya, supaya hal tersebut tidak terjadi lagi. Bukan mencari siapa yg salah, namun mencari kenapa kesalahan bisa terjadi. Kalo bisa tau kenapa kesalahan itu bisa terjadi, ya dicarikan solusinya supaya tidak terulang kembali.

Dunia penerbangan adalah dunia yg serius dan disiplin. Dunia penerbangan penuh dengan aturan. Dan aturan2 tersebut dibuat untuk memagari kita supaya tidak berbuat kesalahan. Pesawat, kru pesawat, teknisi pesawat, kru di darat, petugas bandara, petugas airnav, kendaraan di apron, mesin dan lain2 semuanya ada aturannya. Ada yg namanya SOP, dan SOP dibuat bukan untuk mempersulit, namun untuk mempermudah kita, para Airmen untuk bekerja dengan baik dan benar.

Semuanya harus bersertifikat, dari pesawat, kru pesawat, petugas di bandara, petugas airnav, dan lain2 memiliki sertifikat dan selalu diuji oleh regulator dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

Dengan bekerja baik dan benar, melaksanakan SOP dengan seksama, maka pelayanan yg diberikan kepada konsumen sudah pasti bisa diacungi jempol. Tujuannya kan memberikan kepuasan kepada konsumen, yaitu penumpang pesawat.

Catatan :
Mari kita jadikan pengalaman dan kejadian di tahun 2016 sebuah pelajaran penting untuk meningkatkan pelayanan terhadap keselamatan penerbangan.

Harapan :
Semoga di tahun 2017, keselamatan penerbangan bisa dilaksanakan dengan baik. Tidak ada incident maupun accident.

Ngayal :
Semoga ane bisa jadi Dirut Airnav Indonesia...


Selamat tinggal tahun 2016, selamat datang tahun 2017, semoga Allah melindungi kita semua. Amin...

No comments:

Post a Comment

Pendaratan Pertama di Pulau Bintan

Mencoba mengenang kembali kisah dua puluh tahun yang lalu, saat dimana ane dan seorang teman berangkat meninggalkan Jakarta menuju ke Pulau ...