Sunday, December 18, 2016

Identitas

Perhatikan deh, kalo kita bepergian pake pesawat terbang, dari mula kita membeli tiket, pihak travel selalu meminta identitas kita, supaya nama yang tertulis di tiket sesuai dengan identitas kita. Gak hanya sampai disitu sodara2, pada saat kita check in, pihak check in counter juga maminta identitas kita untuk memastikan nama yang tertera di tiket sesuai dengan nama yang tertera di identitas kita. Masih ada lagi, pada saat boarding, sebelum masuk ke pesawat, petugas boarding juga memeriksa kembali identitas kita. Jadi normalnya, bisa tiga kali kita diperiksa identitas.

Tujuannya sih bagus, untuk keamanan penerbangan dan juga keselamatan penerbangan. Jaman semakin maju, dan semakin banyak cara orang untuk melakukan hal2 yg melanggar peraturann. Untuk mengantisipasi hal2 yg tidak diinginkan, salah satu caranya ya dengan memastikan identitas penumpang di tiket memang sudah sesuai.

Simpelnya, penumpang tersebut identitasnya jelas. Seandainya terjadi tindakan kejahatan di dalam pesawat, sangatlah mudah mengidentifikasinya. Trus memupus tindakan percaloan. Dimana gak mungkin ada penumpang yang berangkat menggunakan tiket orang lain. Belum lagi kalo ada pencurian terhadap fasilitas keselamatan yamg ada di pesawat, melacaknya mudah. Kalo mau dihubung-hubungkan lagi dengan keselamatan, kaitannya ya sama asuransi. Sepertinya sepele, namun ternyata penting sekali.

Jadi untuk pembaca sekalian yg saya cintai, kalo bepergian naik pesawat terbang, pastikan nama anda yg tertera di tiket sudah sesuai dengan identitas yg anda miliki. Trus pada saat check in, dan boarding, siapkan kartu identitas anda, tujuannya untuk mempercepat proses check in dan boarding. Supaya yg antri di belakang anda gak perlu menunggu berlama-lama. Proses check in dan boarding berjalan dengan cepat. Dampaknya, pesawat bisa terbang tepat waktu tanpa harus tertunda karena hal2 sepele.

No comments:

Post a Comment

Pendaratan Pertama di Pulau Bintan

Mencoba mengenang kembali kisah dua puluh tahun yang lalu, saat dimana ane dan seorang teman berangkat meninggalkan Jakarta menuju ke Pulau ...