Friday, October 18, 2019

Tentang ATC (7) "On The Job Training"

Melanjutkan tulisan beberapa tulisan ane yg gak seberapa itu, "Tentang ATC", kali ini ane akan membahas tentang proses yang merupakan bagian dari pendidikan ATC, yaitu OJT alias On the Job Training. Di Pendidikan, calon ATC diberikan pelajaran teori dan praktek berupa simulator. Diberikan pengetahuan tentang ATC dan dunia penerbangan. Lalu kemudian calon ATC dikirim ke lokasi yg sudah ditentukan untuk melaksanakan OJT.

Ane dulu juga merasakan yg namanya OJT. Tahun 1998 ane OJT Tower di Palembang, kemudian tahun 1999 ane OJT APP Non Radar di Pangkalpinang dan kemudian tahun 2003 ane balik lagi ke Palembang untuk OJT Radar. OJT merupakan bagian dari kurikulum pendidikan ATC, sehingga diharapkan pada saat terjun langsung ke lapangan, ATC sudah siap mengabdi untuk nusa dan bangsa.

Cerita tentang OJT, ane rasa gak banyak berbeda dengan rekan2 ATC yg lain, pada awalnya terasa gugup, ragu2, dan takut. Kenapa? Karna biasa praktek di simulator, kemudian praktek langsung di lapangan, dengan pesawat yg beneran, pilot yg beneran, dan pesawatnya terbang beneran. Namun rasa itu perlahan hilan berganti dengan rasa percaya diri dan semangat. Kenapa? Karna para OJTers selalu mendapat pendampingan, pengawasan dan arahan dari para seniornya di lapangan. Ilmu yg didapat di Pendidikan, bertambah dengan ilmu dan pengalaman baru di lapangan menjadikan calon ATC pada saat lulus pendidikan dan masuk ke dunia kerja siap menghadapi tantangan baru.

Kalo pengalaman...???
Setiap OJTers akan mendapatkan pengalaman yg berbeda-beda, tergantung pada lokasi dan kondisi lingkungan kerja, dan itu akan menjadi bahan tukar pikiran pada saat mereka kembali ke pendidikan dan tetunya akan menambah wawasan mereka jg.

Selain pengalaman...???
Yg jelas skill (technic control) dan ilmu nambah. Wawasan tentang penerbangan dan lingkungan kerja udah pasti nambah. Ada lagi, nambah temen baru, kita jadi kenal senior di lokasi, senior di ATS Unit sebelah, nambah silaturrahmi dengan banyak orang.

Di luar dunia kerja, kita jadi tau kondisi alam dan masyarakat di lokasi OJT. Bisa refreshing meninggalkan dunia asrama untuk sementara waktu. dan masih banyak lagi manfaat yg didapat para OJTers, tergantung bagaimana menyikapinya.

No comments:

Post a Comment

Pendaratan Pertama di Pulau Bintan

Mencoba mengenang kembali kisah dua puluh tahun yang lalu, saat dimana ane dan seorang teman berangkat meninggalkan Jakarta menuju ke Pulau ...