Thursday, January 16, 2020

Diklat Sistem Pertahanan Udara Nasional

Alhamdulillah, awal Desember 2019 yg lalu, ane dapat kesempatan mengikuti Diklat Sistem Pertahanan Udara Nasional selama lebih kurang satu minggu. Diklat ini adalah kerjasama antara Kohanudnas (Komando Pertahanan Udara Nasional) dengan Airnav Indonesia. Lokasi Diklat di Surabaya, tepatnya di Pusdiklat Hanudnas (Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pertahanan Udara Nasional).

Dari namanya jg udah jelas, ini Diklat punya TNI. Dan ane pun masuk Asrama TNI, tinggal disana, belajar disana dan ikut aturan yg sudah ditetapkan. Itung2 mengenang kembali masa2 di Asrama Curug dulu. Kembali ke rutinitas tinggal di asrama, disiplin, bangun pagi, olah raga, dan kekompakan plus dapat ilmu baru dan teman baru.

Disana kami mendapat tambahan pengetahuan tentang sistem pertahanan udara nasional, gak cuma itu, kami juga banyak berdiskusi dengan dosen yang memang ahli di bidangnya. Suasana kelas bener2 hidup, interaksi antara peserta didik dan dosen sangat2 luar biasa, kami2 sangat terkesan dan bisa dikatakan puas.

Gak cuma itu, kami juga diajak berkunjung ke Pangkalan Udara Iswahjudi. Berdiskusi dengan pilot tempur TNI AU, melihat secara langsung aktivitas disana, masuk ke Squadron, pegang2 pesawat (norak ya...???, wkwkwwkkwkwkkwkwkkkk...), trus masuk ke Ops Room APP Radarnya. Pokoknya pulang dengan membawa pengalaman yg luar biasa. Gak cuma belajar Bro, kami juga difasilitasi buat jalan2. Ke Jembatan Suramadu, ke Tugu Surabaya, termasuk menikmati kuliner di Kota Surabaya. Pokoknya ane terkesan banget. 

Ini dia poto2nya...

Senam Pagi

Briefing Pembukaan dari Komandan

Upacara Pembukaan Diklat

Olah Raga Sore ke Jembatan Surabaya

Apel Barak

Jalan2 ke Jembatan Suramadu

Tugu Surabaya

Bapak2 makan Es Krim

Depan Pusdiklat

Tempat wajib buat narsis

Squadron 3 F-16

Lanud Iswahjudi

Squadron 3

T-50

Bomber Legend TU-16

Simulator

Upacara Penutupan

Foto Bersama

Dapet ini

 

No comments:

Post a Comment

Pendaratan Pertama di Pulau Bintan

Mencoba mengenang kembali kisah dua puluh tahun yang lalu, saat dimana ane dan seorang teman berangkat meninggalkan Jakarta menuju ke Pulau ...