Tuesday, September 3, 2013

Bandara Raja Haji Fisabilillah

Bandara Raja Haji Fisabilillah adalah sebuah Bandara yg terletak sekitar 12 km dari pusat kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau. Dulunya bernama Bandara Kijang, namun setelah tahun 2008 berganti nama menjadi Bandara Raja Haji Fisabilillah. Nama Raja Haji Fisabilillah diambil dari nama seorang tokoh Kerajaan Melayu Tanjungpinang yg juga merupakan Pahlawan Nasional.

Bandara Raja Haji Fisabilillah dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero) dan saat tulisan ini dibuat telah diterbangi oleh beberapa airline domestik antara lain Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Lion Air yg melayani rute Jakarta – Tanjungpinang PP, serta Sky Aviation yg melayani rute Pekanbaru – Tanjungpinang PP dan Tanjungpinang – Matak PP.

Status Bandara Raja Haji Fisabilillah adalah Bandara Internasional dan beberapa waktu yg lalu sempat melayani penerbangan berjadual Tanjungpinang – Melaka PP walaupun akhirnya ditutup karena suatu hal oleh maskapai penerbangannya. Kini Bandara Raja Haji Fisabilillah hanya melayani penerbangan internasional tak berjadual saja dan diharapkan suatu hari nanti Bandara Raja Haji Fisabilillah dapat kembali melayani penerbangan internasional berjadual.

Bandara Raja Haji Fisabilillah memiliki panjang landas pacu 2056 meter dengan lebar 45 meter yg sanggup melayani pesawat jenis Boeing 737 seri 300. Bahkan beberapa kali melayani pesawat Boeing 737 seri 800 (dengan kapasitas yg dibatasi) saat membawa rombongan Presiden RI. Apron Bandara Raja Haji Fisabilillah hanya sanggup menampung 3 pesawat Boeing 737 seri 300.

Meningkatnya status Kota Tanjungpinang menjadi Ibukota Provinsi Kepulauan Riau berdampak meningkatnya jumlah pergerakan penumpang dan barang yg melalui Bandara Raja Haji Fisabilillah dan memaksa Bandara untuk segera dikembangkan. Pihak Pemerintah Pusat dan Daerah sangatlah mendukung pengembangan Bandara Raja Haji Fisabilillah, sehingga dibangunlah Terminal Baru dengan kapasitas yg lebih besar dan fasilitas yg lebih modern. Rencananya peresmian Terminal Baru Bandara Raja haji Fisabilillah akan dilaksanakan akhir tahun 2013 ini. Segala sesuatu dilaksanakan dengan koordinasi yg apik antara pihak Angkasa Pura II selaku pengelola dengan Pemerintah Daerah demi kelancaran pembangunan dan pengembangan Bandara Raja haji Fisabilillah.

Dengan meningkatnya kapasitas dan fasilitas Bandara Raja Haji Fisabilillah, diharapkan memiliki dampak positif pada peningkatan ekonomi, pariwisata, dan pembangunan di Kota Tanjungpinang dan juga Pulau Bintan serta Pulau2 lain di Provinsi Kepulauan Riau. Pelayanan terhadap pengguna jasa penerbangan dapat lebih maksimal sehingga tercipta suasana penerbangan yg selamat, aman, dan nyaman.

Semoga cepat terealisasi tanpa ada rintangan berarti. Maju terus Bravo Bandara Raja Haji Fisabilillah...!!!  


No comments:

Post a Comment

Pendaratan Pertama di Pulau Bintan

Mencoba mengenang kembali kisah dua puluh tahun yang lalu, saat dimana ane dan seorang teman berangkat meninggalkan Jakarta menuju ke Pulau ...