Sunday, October 13, 2013

Safety Demo di Pesawat

Kalo naik pesawat komersil, pasti sebelum pesawat lepas landas, mbak2 pramugari atau mas2 pramugara selalu memperagakan demo keselamatan alias safety demo. Yg isinya ya tentang fasilitas keselamatan yg ada di pesawat, cara menggunakannya, apa2 yg harus dilakukan oleh penumpang apabila pesawat dalam kondisi emergency, serta bagaimana prosedur evakuasinya.

Demo dilaksanakan dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Walaupun sebenarnya, sebagai seorang ATC ane lebih mudeng bahasa Inggris nya Pilot daripada Pramugari. Pramugari kalo ngomong Inggris kagak jelas karena diucapkan dengan tempo yg cepat. Mungkin karena waktu untuk demo keselamatan yg terbatas, dan masih banyak tugas lain yg harus dilaksanakan para awak kabin sebelum pesawat lepas landas.

Di beberapa maskapai penerbangan, safety demo dilaksanakan langsung oleh awak kabin. Mereka dibagi dalam beberapa tim yg bertugas sebagai peraga dan seorang bertugas menjelaskan dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Namun untuk beberapa maskapai penerbangan yg sudah menggunakan pesawat yg lebih baru, safety demo diperagakan melalui layar monitor yg tersedia di depan kursi penumpang. Safety demo yg seperti ini sangatlah meringankan tugas dari awak kabin dan juga lebih menarik, lebih kreatif, dan lebih jelas.

Yuk kita kaji satu per satu apa2 yg disampaikan dan diperagakan oleh awak kabin dalam safety demo yg dilakukan sebelum pesawat lepas landas. Oh iya, sebelum kita kaji satu per satu, ada baiknya kita baca yg satu ini (apa2 yg diucapkan oleh awak kabin pada saat safety demo) :

Sesuai dengan peraturan penerbangan sipil, kami akan menunjukkan cara menggunakan alat2 keselamatan penerbangan beserta prosedurnya. Pesawat ini memiliki empat pintu darurat, dua di sebelah kanan dan dua di sebelah kiri. Pesawat ini juga dilengkapi dengan empat jendela darurat, masing2 dua disetiap sisi. Dalam keadaan darurat, lampu di lantai akan menyala untuk menuntun anda menuju pintu keluar.
Kami akan memperagakan cara menggunakan sabuk pengaman, bagaimana menguncinya, mengeratkannya kemudian melepaskannya. Baju pelampung terdapat di bawah kursi dan hanya dipakai pada pendaratan di air. Kalungkan melalui kepala kemudian kancingkan dan eratkan. Tarik sekerasnya kedua tuas merah untuk menggembungkan sesaat sebelum anda keluar dari pesawat. Jika anda keluar melalui jendela darurat, kembungkan sesaat setelah anada berada di atas sayap. Baju pelampung dapat juga dikembungkan degan meniup kedua pipa karet, lampu akan menyala jika sumbat batre dilepas dan batre terendam dalam air.
Apabila tekanan udara di kabin berkurang secara tiba2, masker oksigen akan keluar secara otomatis dari tempatnya sehingga terjangkau. Tetaplah duduk dan kenakan sabuk pengaman, tarik masker kearah anda untuk mengalirkan oksigen, pasang masker menutupi mulut dan hidung, kaitkan karetnya dan bernafaslah seperti biasa. Pakailah masker anda terebih dahulu sebelum menolong yg lainnya.
Selanjutnya di setiap kantung kursi tersedia kartu instruksi mengenai cara2 penyelamatan diri dalam keadaan darurat, kami persilahkan anda membacanya dengan seksama.

Mari kita kaji kutipan ucapan dari awak kabin diatas :
“Sesuai dengan peraturan keselamatan penerbangan sipil”
Artinya apa2 yg diutarakan oleh awak kabin itu bukan sembarangan, ini ada dasar hukumnya dan merupakan kewajiban dari maskapai penerbangan terhadap penumpang.

“Pintu dan Jendela Darurat”
Jalur evakuasi apabila terjadi keadaan darurat. Awak kabin menjelaskan bagaimana cara evakuasi terbaik apabila terjadi keadaan darurat.

“Sabuk Pengaman”
Sebenarnya salah, harusnya “sabuk keselamatan”. Kan gunanya untuk keselamatan, bukan untuk keamanan.

“Baju Pelampung”
Digunakan khusus untuk pendaratan di air. Walaupun bisa berenang, tetep aja wajib pake untuk menghindari hal2 yg tidak2. Awak kabin menjelaskan cara penggunaannya dan juga prosedurnya. Ingat, baju pelampung adalah alat keselamatan, gak boleh dibawa pulang.

“Masker Oksigen”
Sebelum menolong orang lain, tolonglah diri sendiri. Jika tekanan udara dalam kabin berkurang, resiko yg dihadapi adalah hilangnya kesadaran. Makannya ditegaskan disitu, agar kita kenakan masker oksigen kita dahulu sebelum menolong orang lain.

Safety demo sepertinya sepele. Terkadang penumpang tidak begitu memperhatikan safety demo tersebut, padahal apabila terjadi kondisi yg tidak diinginkan, apa2 yg diterangkan oleh awak kabin dalam safety demo tersebut sangatlah membantu proses penyelamatan penumpang di pesawat.

Semoga setelah membaca artikel ini, temen2 bisa lebih serius lagi memperhatikan dan menyimak demo keselamatan alias safety demo di pesawat.


No comments:

Post a Comment

Pendaratan Pertama di Pulau Bintan

Mencoba mengenang kembali kisah dua puluh tahun yang lalu, saat dimana ane dan seorang teman berangkat meninggalkan Jakarta menuju ke Pulau ...