Tuesday, January 14, 2014

Kehilangan Bagasi

Lagi2 berita di tipi, seorang istri perwira polisi mengaku bagasinya telah dicuri. Doi mengaku mengalami kerugian ratusan juta. Lah, koq bisa...??? Emang doi bawa apaan sih, koq bisa sampe ratusan juta. Seumur-umur ane naik pesawat, bagasi paling mewah ane ya piso cukur gillette mach 3 warna merah.

Yg ada dalam pikiran ane, yg namanya barang mewah, ya seharusnya kemanapun kita pergi ya harus tetep bersama kita. Lha dompet aja yg kita kantongin kemana-mana masih ada resiko kena copet, gimana lagi dengan bagasi yg keberadaannya diluar pengamatan kita. Walaupun bagasi udah pake gembok 200 biji, tetep aja yg namanya maling akalnya banyak. Lha Bank aja yg udah dijagain sama aparat masih bisa dibobol penjahat.

Jadi menurut ane yg namanya barang berharga ya jangan ditarok di bagasi, ngundang maling soalnya. Maling kan bekerja berdasarkan kesempatan dalam kesempitan. Ibarat kata striker dalam sepak bola, begitu ada umpan, ada kesempatan, pas pulak kipernya gak ada, ya gol.

Yuk, untuk sekedar tau, gimana sih sebenarnya rute perjalanan barang bagasi kita dimulai dari saat kita check in. Pada saat check in, bagasi kita ditimbang, dicatat beratnya, diberi label yg isinya adalah identitas dari bagasi itu sendiri. Maksudnya adalah, bagasi diberi nomer seri, keterangan berat, bandara tujuan, serta nomer penerbangan sehingga bagasi bisa sampai di tujuan dengan selamat. Setelah itu, mbak2 petugas check in meletakkan bagasi kita pada konveyer alias ban berjalan yg membawa bagasi itu ke tempat pengumpaulan bagasi. Disana udah ada petugas yg memilah milah bagasi sesuai dengan nomer penerbangan dan tujuannya. Bagasi kemudian dimasukkan kedalam gerobak atau troli yg kemudian dibawa ke pesawat sesuai dengan tujuan dan nomer penerbangan.

Setelah bagasi sampai di tujuan, bagasi diambil sama petugas lalu dibawa ke ruang kedatangan. Melalui mesin konveyer, bagasi didistribusikan kepada penumpang. Penumpang mengambil bagasi sesuai dengan kepemilikannya masing2. Sebelum bagasi dibawa keluar oleh penumpang, ada petugas khusus di pintu keluar yg memastikan kepemilikan bagasi dengan mencocokkan label yg ada di bagasi dengan label yg dipegang penumpang.

Lha, trus koq bisa sih ada kasus kehilangan bagasi atau isi bagasi dicuri? Trus apa yg harus kita lakukan apabila kita mengalami kasus kehilangan bagasi atawa isi bagasi dicuri?

Modus pencurian isi bagasi, terus terang aja ane kurang tau. Tapi yg namanya Bandara, banyak tempat sepi yg memang berada di luar jangkauan CCTV ataupun pengawasan dari pihak keamanan, disanalah kesempatan para penjahat beraksi. Nah, gimana caranya supaya isi bagasi gak dicuri? Kan skrg ada yg namanya stripping bagasi dan wraping bagasi, itu adalah salah satu cara melindungi bagasi kita. Dan tentunya jangan pernah memasukkan benda berharga anda ke bagasi. Lebih baik mencegah daripada mengobati.
Trus gimana kalo bagasi udah terlanjur dicuri? Atau malah ilang, amblas kabeh? Kita laporkan kepada pihak Maskapai Penerbangan dan pihak keamanan di Bandara. Untuk masalah ganti rugi, kayaknya sih setiap Maskapai Penerbangan menerapkan aturan dan kebijakan yg berbeda-beda.

Namun yg jelas, penumpang pasti menjadi pihak yg paling dirugikan. Makannya, sekali lagi ane ingatkan, jangan pernah meletakkan barang berharga dalam bagasi anda. Urusannya panjang, kalaupun barang itu ketemu dan katakan malingnya ketangkep, ente udah buang2 waktu dan energi bakal ngurusin hal seperti itu. Padahal seharusnya ente turun dari pesawat udah bisa langsung ke rumah atau tujuan, bisa istirahat dan lain-lain tanpa harus nunggu berjam-jam ngurusin bagasi yg ilang. Tinggal pilih aja, mau enak apa mau repot...

No comments:

Post a Comment

Pendaratan Pertama di Pulau Bintan

Mencoba mengenang kembali kisah dua puluh tahun yang lalu, saat dimana ane dan seorang teman berangkat meninggalkan Jakarta menuju ke Pulau ...