Monday, May 19, 2014

Flight Commissioning Radar MSSR TNJ

Malem Kamis tanggal 14 Mei 2014 sekitar jam 21.00 wib, ane dapet telpon dari orang tak dikenal. Berhubung gak kenal, jd kenalan dulu, rupanya beliau adalah Captain Pilot Pesawat Kalibrasi dari Curug Tangerang. Beliau menyampaikan rencana penerbangan Kalibrasi untuk Radar MSSR TNJ yg akan dimulai pada tanggal 16 Mei 2014.

Setelah berbincang sana sini, akhirnya mas captain mengirimkan rencana manuver dan lever beserta area yg akan digunakan. Kaitannya sih untuk berkoordinasi dengan Singapura dan NOTAM Office di Jakarta untuk penerbitan NOTAMnya. Pada hari Kamis tanggal 15 Mei 2014, RCS alias Radar Controller Spv TNJ segera berkoordinasi dengan pihak Singapura. Selanjutnya kegiatan persiapan berjalan lancar sehingga terbitlah NOTAM yg dimaksud.

Jum’at tanggal 16 Mei 2014, tim dari Jakarta datang menggunakan peswat komersil dan disusul tim kalibrasi dengan menggunakan pesawat khusus kalibrasi yg datang langsung dari Curug. Kick Off Meeting dilaksanakan pada hari yg sama pukul 11.00 wib di ruang rapat Distrik TNJ. Dalam Kick Off Meeting, mas Captain dan mas teknisi navigasi dari Jakarta menyampaikan rencana kegiatan. Sedangkan ATC Radar TNJ menyampaikan kesiapan dan dukungan terhadap kegiatan.



Selepas sholat Jum’at dan makan siang, kegiatan segera dilaksanakan. Flight commissioning ini merupakan salah satu syarat sebelum menggunakan Radar MSSR baru ini. Tim Kalibrasi melakukan pengecekan kemampuan peralatan radar sesuai dengan SOP mereka dan spek dari Radar tersebut. Flight commissioning berlangsung lancar dan diselingi dengan lebatnya hujan yg mengguyur pulau Bintan dan sekitarnya.

Alhamdulillah, semua berjalan lancar. Pada hari Senin tanggal 19 Mei 2014 tim kalibrasi beserta tim dari Jakarta meninggalkan Tanjungpinang dengan membawa hasil kalibrasi untuk dilaporkan kepada DJU. Semoga dengan Radar MSSR baru ini kegiatan pelayanan lalu lintas udara di TNJ dapat ditingkatkan. Keselamatan penerbangan dapat dijaga dan kelancaran penerbanganpun dapat dinikmati oleh seluruh pengguna jasa penerbangan.

No comments:

Post a Comment

Pendaratan Pertama di Pulau Bintan

Mencoba mengenang kembali kisah dua puluh tahun yang lalu, saat dimana ane dan seorang teman berangkat meninggalkan Jakarta menuju ke Pulau ...